Share this article

Manfaatkan Got, Sekaa Teruna di Tibubeneng Tebar Benih Ikan

Jumat, 30 Oktober 2020 : 18:31
Editor Choice :


    MANGUPURA (inibali.com): Inisiatif Sekaa Teruna Eka Dharma Bakti, Banjar Kulibul Kawan, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung menebar ikan di sepanjang saluran pembuangan air mendapat apresiasi tokoh masyarakat I Ketut Suiasa. 


    Suiasa yang pernah menjabat Wakil Bupati Badung periode 2016-2021 itu mendatangi sekitar 50 anggota sekeha teruna pada Jumat (330/10/2020) pagi yang berkumpul di balai banjar Kulibul Kawan.


    Menurut Suiasa prakarsa para pemuda persebut patut diapresiasi karena di masa pandemi Covid-19 mampu mewujudkan gagasan untuk membuat lingkungan semakin bersih dan berbuat sesuatu yang menghasilkan bagi warga.


    Ribuan benih ikan nila dan lele ditebar Suiasa bersama anggota sekaa teruna di sekitar selokan atau got yang telah dipersiapkan agar air bisa terjaga genangannya dan dipasang jaring di beberapa ruas.


    Warga banjar sepakat untuk merawat agar got terbebas dari tumpukan sampah.


    “Ini adalah salah satu upaya kreatif dan inovatif yang harus didukung semua pihak. Saya sangat mengapresiasi dan langkah ini pantas dijadikan contoh bagi teruna di banjar lain, di Tibubeneng khususnya, dan Kabupaten Badung pada umumnya,” kata Suiasa.


    Suiasa yang juga calon wakil bupati Badung mendampingi calon bupati Giri Prasta itu berharap dengan ditebarnya benih ikan tersebut, got harus dijaga kebersihannya sehingga benih bisa berkembang dengan baik.


    Tokoh masyaralat Tibubeneng I Made Kamajaya mengatakan ikut membimbing dan mendorong teruna-teruni untuk kreatif dalam kondisi apapun, termasuk pada masa pandemi Covid-19 ini.


    “Mereka telah melakukan berbagai kegiatan untuk alam lingkungan, tetapi juga aktivitas lain seperti seni budaya, olah raga, dan ekonomi kreatif untuk menyiasati kondisi sulit seperti sekarang,” kata Kamajaya.


    Ketua Sekaa Teruna Eka Dharma Bakti I Gede Ari Saputra mengatakan bersama teruna-teruni ingin memanfaatkan got agar tidak lagi dikotori sampah dan hasil panen kelak bisa bermanfaat bagi warga sekitar.


    Kata dia dengan melakukan langkah kecil seperti itu diharapkan bisa menghasilakan sesuatu yang nyata untuk sedikit ikut menyelamatkan lingkungan.(yb)

    Share this article

    Latest

    View All